Penyuluhan Pencegahan HIV-AIDS

Minggu, 18 Februari 2018 berlangsung kegiatan Penyuluhan Pencegahan HIV-AIDS yang bertempat di balai Desa Petung Kecamatan Curahdami Bondowoso. Kegiatan diikuti oleh 24 orang dari 12 Dusun dan perangkat Desa Petung.

Sasaran utama dari Sosialisasi ini adalah remaja karena mereka sangat rentan terhadap penularan HIV/AIDS. KKN UMD SDG’s 59 UNEJ melalui sosisalisasi ini berupaya untuk memberikan pengetahuan terhadap masyarakat agar tidak menjauhi penderita HIV/AIDS yang sebelumnya pernah terjadi di Daerah Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso serta memberikan informasi cara pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Narasumber yang dihadirkan pada sosialisasi ini adalah Dokter Zaenullah dari RS.Soebandi dan Heni (Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNEJ). Dalam materi tersebut peserta diajak untuk menyaksikan beberapa video terkait dengan pencegahan HIV-AIDS.  Heni menyampaikan bahwa para penderita HIV-AIDS tidak perlu dijauhi, penularan HIV tidak terjadi karena bersentuhan, penularannya terjadi melalui empat jenis cairan : asi, cairan vagina, cairan sperma dan darah, sehingga yang perlu kita lakukan adalah menjauhi penyakitnya bukan orangnya.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih, sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia, sedangkan AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembangbiakan virus HIV dalam tubuh amkhluk hidup.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat khususnya remaja makin tanggap mengenai penyakit HIV/AIDS terkait penularan dan pengobatan serta tidak menjauhi penderitanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *