KEGIATAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI DESA PETUNG KECAMATAN CURAHDAMI

PKK merupakan salah satu Lembaga Kemasyarakatan yang terdapat di Desa Petung. Lembaga ini merupakan lembaga yang mewadai para wanita atau ibu-ibu perangkat desa untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang membantu mengaktifkan kegiatan desa. Lembaga ini diketuai oleh Ibu Kepala Desa Petung yaitu Ibu Kurniati Guntoro. Kegiatan ini aktif dilakukan satu bulan sekali pada minggu ketiga bertempat di Balai Desa Petung.

Kegiatan PKK yang telah diselenggarakan meliputi pembacaan Sholawat Nariyah sebagai pembuka kegiatan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, penyampaian berbagai informasi, laporan perkembangan Kelompok Kerja I-IV (POKJA), pembagian doorprize, dan arisan. Salah satu informasi yang disampaikan kepada Ibu PKK yaitu mengenai perlombaan yang diadakan oleh Kecamatan dan Puskesmas Curahdami. Perlombaan yang diikuti di tingkat kecamatan meliputi lomba penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan pembuatan Jamu Tradisional untuk mengatasi penyakit Kolestrol. nasi tumpeng, tertib administrasi, dan lingkungan bersih dan sehat.

Selain perlombaan yang diadakan oleh kecamatan, juga terdapat perlombaan yang diadakan oleh Puskesmas Curahdami yaitu perlombaan pemilihan satu Rumah Sehat. Selain informasi terkait kegiatan perlombaan tersebut, juga terdapat informasi tentang pelaksanaan imunisasi Campak dan Rubella, pelaksanan Metode Operasi Wanita (MOW ), kegiatan pengajian rutin ibu PKK dan himbauan untuk pengaktifan kembali kegiatan Hadrah untuk ibu-ibu PKK. Harapan dari ibu bidan dan petugas BKKBN setelah memberikan informasi terkait dengan pentingnya imunisasi Campak dan Rubella dan MOW, semua kader, ibu-ibu PKK, dan mahasiswa KKN untuk mengkampanyekan informasi yang telah diterima kepada warga Desa Petung.