UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) TENTANG KERUPUK IKAN TENGIRI HIDAYAH MILIK BAPAK ARIEF DI DESA PETUNG KECAMATAN CURAHDAMI KABUPATEN BONDOWOSO.

rumah kreatif

Kerupuk ikan tengiri hidayah yang bertempat di Desa Petung Kecamatan Curahdami ialah kerupuk yang berasal dari bahan ikan tengiri dan di produksi oleh bapak Arief selaku pemilik usaha kerupuk tersebut. Usaha kerupuk tengiri yang di jalankan bapak arief telah lama berdiri kurang lebih 5 tahun dengan mempekerjakan beberapa orang sebagai pegawai pembuat kerupuk tersebut. Bapak arief membuat produk kerupuk tersebut dengan bahan dasar ikan yang di dapat dari nelayan yang bekerja sama dengan bapak arief. Hasil olahan ikan tersebut dibuat menjadi kerupuk dan di pasarkan ke beberapa tempat, seperti di kota Bondowoso bahkan sampai ke luar kota Bondowoso dengan jumlah permintaan yang banyak dari konsumen.

Kerupuk ikan tengiri hidayah tersebut di patok dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, dan cara mendapatkannya yang begitu mudah seperti di toko, pasar, atau langsung ke rumah produksi bapak arief di Desa Petung Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Selain memproduksi kerupuk ikan tengiri, Bapak Arief juga memproduksi atau membuat kerajinan tangan yang terbuat dari kayu dengan berbagai macam bentuk yang unik dan bernilai seni tinggi dengan mempekerjakan seniman pahat kayu yang sudah ahli. Dari usaha Bapak Arief tersebut, beliau telah mendapatkan beberapa penghargaan dan sertifikat sebagai Inovator Industri dalam bidangnya.

Dari beberapa usaha makanan dan kerajinan tangan yang di produksi oleh bapak arief, ada beberapa kekurangan yang terdapat dalam usaha yang dilakukan oleh beliau yaitu belum adanya produk unggulan atau potensi yang menonjol di desa petung sampai saat ini, dikarenakan desa tersebut sebagian besar penduduk atau warganya bekerja/bermata pencaharian sebagai petani. Dan sumber daya manusia yang terdapat di Desa Petung belum atau kurang mendukung dalam pengembangan usaha kerupuk ikan tengiri hidayah milik Bapak Arief. Sehingga pemanfaatan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat Di Desa Petung Kecamatan Curahdami belum dapat di wujudkan.

Maka dari itu perlu adanya dukungan pemerintah Desa Petung maupun pemerintah pusat Kabupaten Bondowoso berupa kebijakan atau aturan dalam mewujudkan potensi desa serta pemberdayaan masyarakat yang baik dan benar agar desa petung memiliki produk unggulan yang dapat menjadikan desa petung lebih maju serta meningkatkan taraf kehidupan warga desa petung agar lebih baik lagi. Oleh karenanya peran serta dan keaktifan masyarakat desa petung sangat menentukan perkembangan desa petung itu sendiri dalam memanfaatkan potensi desa yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *